Jumat, 11 November 2016

Kenapa sih dana pensiun perlu di siapin?

Kalo lagi nanya temen, kaka, dll tentang dana pensiun kebanyakan akan jawab gini.

Hah pensiun?! Lo yakin da? Gue masih 20an kali nikah aja belum masa udah mikirin dana pensiun?
:( 

ini jawaban yang paling sering gue denger kalo gue tanya udah punya dana pensiun atau belum? sebagian dari kalian pasti mikir buat apa mikirin dana pensiun dari sekarang. Itu masih lama kali gue kan masih muda, masih mau seneng-seneng.  Beli rumah dulu lah, beli mobil dulu lah, nabung nikah dulu lah dst.

Eits jangan salah, kalo udah di pikirin dari sekarang secara mateng di jamin kalian pensiunnya nanti akan sejahtera, damai dan sentosa deh Hahhaa. Inget kan peribahasa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit? Mangkanya mumpung masih muda minimal nabung ilmunya duu deh biar tau alasan kenapa perlu siapin dana pensiun.

Kalian tau ga kapan biasanya usia pensiun seseorang ?            



Dari gambar di atas bisa di lihat kapan seseorang lulus kuliah. seseorang lulus kuliah biasanya di usia 20 tahunan dan mulai berkarir di umur 20 tahun, dan mulai mapan di kerjaan biasanya di umur 40-45 tahunan. Nah, untuk usia pensiun di indonesia itu biasanya di umur 55-56 thn.  Sayangnya, Mayoritas masyarakat indonesia baru menyadari jika mereka butuh dana pensiun pada saat umur 40 tahun.
Tahu ga sih kalian dari fakta kehidupan seseorang di usia 60 tahun ada beberapa yang harus rela nurunin gaya hidup mereka dari yang semula pengeluaran perbulan 15 jt perbulan. Harus rela di turunin jadi  5 jt perbulan. Karena gak ada pemasukan yang biasa mereka dapatkan ketika saat bekerja.

Bagi beberapa orang yang belum menyiapkan dana pensiun sebelumnya atau terlambat menyiapkan dana pensiun. Mereka akan terpaksa bekerja kembali supaya bisa menghidupi keluarganya  karena ketika masa pensiun pengeluaran tetap sama seperti saat masih bekerja, namun tidak ada pemasukan yang bisa di dapat.


Berdasarkan penjabaran yang sudah saya ungkapkan di atas, Pertanyaannya apa kalian mau bekerja terus menerus sampai waktu yang tidak di tentukan atau memikirkan dana pensiun dari sekarang agar bisa pensiun nyaman?

Tentu sebagian dari kalian pasti akan memilih pensiun dengan nyaman kan?

Nah, apa sih da resepnya untuk mempersiapkan dana pensiun?

Sebenernya sebagai financial planner kita ada calculator khusus untuk menghitung berapa dana pasti yang harus disisihin setiap bulan dan insrumen apa yang cocok untuk alokasi dana pensiun. Tapi untuk memudahkan sih kalian bisa mempersiapkan dana pensiun ke beberapa instrumen aset, seperti:

1.     1.  Bisnis
2.     2.  Property
3.     3.  Paper Asset (Saham,Obligasi) 

Mumpung masih muda dan masih ada banyak waktu untuk mempelajari ketiga instrumen di atas.


Yuk, persiapin dana pensiun dari sekarang daripada tuanya sengsara J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar