Rabu, 02 November 2016

(REVIEW BUKU) - Mendadak Hemat Saat Kepepet




Saat ini saya akan mereview sebuah buku financial planning yang bisa di jadikan referensi untuk kalian baca agar tidak meringis di tanggal tua dan masa pensiun hihi.. Happy Reading :)
Judul: Mendadak Hemat Saat Kepepet
Penerbit: Transmedia Pustaka
Sinopsis:
Siapapun anda, apapun profesi anda, dan berapapun penghasilan anda, anda berhak untuk hidup sejahtera. caranya? tentu saja dengan mengatur arus keuangan yang baik. tidak sedikit orang yang  penghasilan bulanannya puluhan juta bahkan ratusan juta, tetapi tetap meringis di tanggal tua karena uangnya habis entah kemana.
dengan langkah-langkah yang dijabarkan dalam buku ini, di jamin anda akan lebih dekat menuju kebebasan financial. jika anda bisa mengatur keuangan dengan bijak, hidup yang hemat akan menjadi sesuatu yang ringan dan menyenangkan untuk dijalankan.
1. Menikmati Hidup lajang dengan meniti karir
Salah satu cara untuk menikmati masa lajang adalah dengan cara Mengubah Kash menjadi Cash
Apa itu Kash?
K-Knowledge (Pengetahuan), hal pertama yang perlu di lakukan adalah berinvestasi kepada diri sendiri dengan mengikuti pelatihan yang menunjang wawasan terhadap sesuatu yang kita minati, dengan berinvestasi pada diri sendiri di harapkan ke depannya kita memiliki kualitas kehidupan yang lebih baik.
A-Attitude (Sikap), Menjaga sikap bisa menjadi salah satu faktor utama dalam menunjang karir. Banyak orang pintar namun memiliki sikap yang minus yang pada akhirnya karirnya menjadi terhambat. Mengembangkan keahlian komunikasi dan sikap yang baik dalam berhubungan dengan orang lain dapat meningkatkan kualitas hidup.
S-Skill (Keahlian), Inilah yang menjadi tolak ukur seseorang di bayar mahal. keahlian adalah hasil kombinasi antara pengetahuan dan pengalaman.
H-Habit (Kebiasaan), Kebiasaan mengembangkan pengetahuan, keahlian dan memperbaiki sikap akan menjadi penyempurna. termasuk juga mengembangkan pola pikir dan kebiasaan yang baik dalam mengelola keuangan. 
(Hal 13-15)

Empat Langkah Mengatur Keuangan
1Alokasikan Pengeluaran, 
Alokasikan uang ke dalam prioritas dari pokok, penting baru pengeluaran lainnya.
2Rencanakan kebutuhan jangka pendek dan jangka panjang,
Merencanakan kebutuhan sejumlah tertentu misal: Dana darurat, persiapan menikah, dan kebuthhan yang paling panjang adalah pensiun.
3. Persiapkan Asuransi,
Kadang kita menganggap asuransi tidak begitu penting. namun proteksi yang perlu di miliki proteksi kesehatan. karna kesehatan tidak ada yang tau kapan akan datang. bersyukurlah jika di tempat kerja anda sudah di sediakan program perlindungan ini.
4. Pertahankan dan tingkatkan pendapatan,
Kembangkan skill atau keahlian yang anda miliki sesuai dengan kompetensi untuk meningkatkan kualitas diri. 
(Hal 48)
Untuk mengetahui lebih lanjut tentang ilmu mengatur keuangan kalian bisa liat blognya pak Budi di sinihttp://terapikeuangan.blogspot.co.id/
Semoga Bermanfaat! 
Keep Sharing :)
-Aida-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar